Pengantar E-Business
Fenomenae-business telah menjadi trend yang mewarnai
aktifitas bisnis baik di negara maju maupun berkembang. E-business sendiri merujuk pada seluruh
penggunaan tingkat lanjut dalam teknologi informasi, khususnya teknologi
jaringan dan komunikasi, untuk meningkatkan cara organisasi melakukan seluruh
proses bisnisnya. E-business juga bukan hanya merupakan interaksi eksternal
organisasi dengan: Para pemasok, pelanggan, investor, kreditor, pemerintah, dan
media massa.
a.
Model-model e-business
·
B2C (Business to
Consumers): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan
organisasi, nilai uang yang dilibatkan lebih kecil, transaksi tidak sering
terjadi, secara relatif sederhana
·
B2B (Business to
Business): Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan
organisasi (antar organisasi), Nilai uang yang dilibatkan lebih besar , Hubungan
yang kuat dan berkelanjutan, Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan, Lebih
kompleks.
·
B2G (Business to government): Interaksi
yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar
organisasi), Nilai uang yang dilibatkan lebih besar , Hubungan yang kuat dan
berkelanjutan, Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan, Lebih kompleks.
·
B2E (Business to education): Interaksi
yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar
organisasi), Nilai uang yang dilibatkan lebih besar , Hubungan yang kuat dan
berkelanjutan, Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan, Lebih kompleks.
b. Pengaruh-pengaruh
e-business atas proses bisnis.
·
Electronic
Data Interchange (EDI) : adalah protokol Standar, ada
sejak era tahun 1970, untuk secara elektronik mentransfer (mengirimkan)
informasi antar organisasi serta dalam berbagai proses bisnis. EDI:
Meningkatkan tingkat akurasi , mengurangi biaya.
·
Electronic
Data Interchange (EDI) yang terintegrasi : Untuk
mendapatkan seluruh manfaat EDI membutuhkan integrasi antara EDI dengan SIA
perusahaan.
c.
Factor-faktor
keberhasilan e-business
·
Terdapat dua faktor penting dalam
menetapkan keberhasilan langkah-langkah untuk masuk dalam e-business.
1.
Faktor pertama adalah tingkat
kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas strategi keseluruhan
perusahaan.
2
Faktor kedua adalah kemampuan
untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi tiga karakteristik kunci yang
dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu : Validitas, Integritas, dan
Privasi.
d. Infrastruktur untuk e-business.
·
Jenis-jenis
Jaringan :
-
Local area
networks (LANs) dapat dikonfigurasikan dalam satu untuk tiga
cara dasar, yaitu:
1. Konfigurasi
Bintang
: Konfigurasi bintang adalah cara termahal untuk membangun LAN karena
membutuhkan banyak sekali kabel untuk menghubungkannya.
2. Konfigurasi
Cincin : Di
dalam konfigurasi cincin, setiap titik secara langsung terhubung dengan dua titik
lainnya.
3. Konfigurasi Bus : Di dalam
konfigurasi bus, setiap peralatan dihubungkan dengan saluran utama, disebut
bus. Pengendalian
komunikasi didesentralisasikan melalui jaringan bus.
· Software komunikasi : mengelola aliran data melalui suatu jaringan, Software ini
melaksanakan fungsi-fungsi berikut ini:
-
Pengendali akses
-
Pengelolaan jaringan
-
Pengiriman data dan
file
-
Pendeteksi dan
pengendalian kesalahan
-
Keamanan data.
thanks mas,, blog saya di http://akunt.blogspot.com/
BalasHapus